Sunday 24 December 2017

Tips Persiapan Berkas Pendaftaran Beasiswa BAKTINUSA


Pendaftaran beasiswa Aktivis Nusantara (Baktinusa) 2018 telah dibuka dan akan terus dibuka sampai mendekati akhir januari 2018 mendatang. Bagi yang belum daftar silahkan daftar di link berikut link pendaftaran . Jangan sampai terlambat ya, perhatikan nih timeline-nya :



Nah setelah melakukan pendaftaran  melalui link diatas, tahap berikutnya ketika dinyatakan lulus tahap seleksi berkas adalah tahap persiapan kelengkapan berkas lainya.
Jika ditahap pertama kita hanya diminta untuk mengisi form dengan data-data yang kita punya seperti ini:




Maka setelah kamu diumumkan lulus tahap verifikasi berkas, kamu harus mempersiapkan berkas-berkas berikut ini :
1.      Curriculum vitae
2.      Scan transkrip nilai
3.      Scan KTM
4.      Profile project social beserta dokumentasi (dalam bentuk PPT)
5.      Proposal hidup (format proposal hidup bisa diunduh disini)
6.  Surat rekomendasi dari tokoh kampus/daerah non mahasiswa (format surat rekomendasi bisa diunduh disini)
7.      Scan Sertifikat TOEFL/IELTS

Tips
Untuk CV (curriculum vitae) teman – teman bisa lihat banyak contohnya ada di google ya. Intinya CV kita ini harus memuat ‘hal-hal penting’ yang pernah kita lakukan berupa prestasi, pengalaman organisasi dan lain-lainya.

Scan transkrip nilai, adalah transkrip nilai kita yang sudah ditanda tangani oleh dosen pembimbing akademik/ wakil dekan bidang akademik lalu di scan dan disimpan dalam bentuk PDF.

Project sosial dan dokumentasinya yang disajikan dalam bentuk PPT merupakan kumpulan agenda-agenda sosial yang pernah kalian lakukan yang dibuat dalam bentuk Ppt dengan gambar dan keterangan-keterangan yang bisa dimengerti.

Proposal hidup formatnya sudah ada di Link Proposal Hidup jadi tinggal ngikutin aja ya, yang jelas harus rasional dan masuk akal.

Surat rekomendasi dari tokoh kampus/daerah non mahasiswa ini formatnya sudah ada juga tinggal rekan rekan download disini link Surat Rekomendasi . Usahakan surat rekomendasi ini dari tokoh kampus yang berkompeten missal dekan, Rektor atau ketua jurusan.

Scan Sertifikat TOEFL/IELTS, bagi yang pernah mengikuti test TOEFL silahkan di scan sertifikatnya dan disimpan dalam format PDF.

Nah , semua berkas diatas adalah berkas wajib harus dipersiapkan. Diluar dari itu temen – temen bisa menambahkan berkas pendukung seperti yang pernah saya lakukan dulu. Berkas pendukung itu meliputi scan-an sertifikat-sertifikat prestasi kita.

Semua berkas itu silahkan dikumpulkan (dimasukan) dalam satu folder dan diberi nama dengan rapi seperti ini.


Setelah semua folder itu diberi nama dengan benar dan rapi, masukan seluruhnya kedalam satu folder induk yang diberi nama dengan forma : NAMA [spasi] UNIVERSITAS seperti ini :




Langkah terakhirnya adalah mengkonversinya kedalam bentuk RAR lalu mengirimnya ke email Baktinusa :
(beasiswaaktivisdd@gmail.com).


Buat yang masih bingung gimana  konvert nya menjadi RAR begini caranya ya :



Simple caranya:
1. Klik kanan folfer yang akan dikonversi jadi RAR
2. Klik Add To (nama folfer kamu).Rar
3. Tunggu Prosesnya
4. Jadi deh, tinggal kirim via email








Share:

0 komentar:

Post a Comment