Friday 9 February 2018

Tips Uji Publik Baktinusa



Hasil gambar untuk pidato kartun
Uji Publik adalah tantangan terakhir seleksi baktinusa

Uji publik merupakan tahapan yang hanya ada di Baktinusa. Ini menjadi tahapan khas yang sangat keren sekali. Ya karena ditahapan inilah publik akan diminta memberikan penilaiannya kepada peserta yang sudah lolos tahap wawancara.

Indikator pertama yang bisa menggambarkan penilaian publik adalah jumlah pendukung. Peserta akan  diminta untuk membawa dan mengundang teman dan para pendukungnya untuk hadir saat uji public digelar.

Semakin banyak pendukung tentu akan menambah nilai plus tersendiri untuk peserta tersebut. Indikator kedua tentang peran public terhadap penilaian peserta adalah adanya vote  online yang akan disebar oleh panitia yang berisi nama-nama para peserta yang lolos samapai ketahap uji public. Semakin banyak vote untuk seseorang, tentu nilainya semakin besar.

Terlepas dari dua hal itu, dalam uji public ini panelis dari manajemen pusat juga masih hadir untuk melakukan uji ‘kapasitas ke-aktivisannya’ dihadapan public. Inilah garis besar dari Uji public itu sendiri.

Beberapa tips untuk melewati uji public ini dengan lancer diantaranya :

1.      Mental
Berada dihadapan ratusan orang dengan pertaruhan kredibilitas yang bisa saja sewaktu-waktu jatuh dihdapan mereka ketika kita tidak mampu menjawab pertanyaan panelis atau pertanyaan sesama peserta tentu membutuhkan mental yang tidak sedikit.

Persiapan ini menjadi yang paling urgent, dan saya sangat menyarankan agar selama proses uji public berjalan kalian harus tetap santai, stay coll, dan tidak gerogi.

2.      Fokus
Banyak kasus seseorang menjadi bahan tertawaan public bukan karena ia bodoh. Tapi karena ia kurang fokus sehingga apa yang disampaikan olehnya tidak linear dengan pertanyaan dan maksud dari panelis.

3.      Jangan Sombong
Berdasarkan evaluasi pribadi, saya sangat menganjurkan kepada para peserta uji public jangan sampai terlontar statement yang terlalu meninggikan pribadi atau merendahkan orang lain. Hal ini tentu akan sangat menjatuhkan harga diri kita sendiri dihadapan orang banyak.

4.      Update Berita
Ada baiknya untuk terus update  semua berita-berita nasional dan internasional. Hal ini bisa jadi  bagian dari beberapa hal yang akan ditanyakan oleh panelis. Terpenting dari semua itu fahami setiap berita yang ada dan persiapkan pendapat dan solusi dari setiap fenomena yang ada.

5.      Bahasa Inggris
Persiapkan bahasa inggrismu minimal passif-lah. Hal ini biasanya akan menjadi salah satu indicator untuk menilai kemampuan bahasa asing kita sebagai bagian dari nilai tambah peserta.

Untuk diskusi lebih lanjut silahkan hubungi PM baktinusa terdekat J  

Share:

0 komentar:

Post a Comment